Tips Optimalisasi Smartphone Android

Tips Optimalisasi Smartphone Android

Tips Optimalisasi Smartphone Android

Tips Optimalisasi Smartphone Android
Tips Optimalisasi Smartphone Android

Hingga saat ini, sistem operasi Android masih belum tergoyahkan sebagai pemimpin pasar OS yang paling populer. Popularitasnya pun semakin menanjak walau dibayang-bayangi oleh windows phone dan iOS, namun posisinya masih jauh di atas kedu OS tersebut.

Tips Optimalisasi Smartphone Android

Cara mengoptimalisasi kinerja smartphone Android supaya lebih oke, ada beberapa langkah penting yang harus di perhatikan seperti diuraikan berikut ini:

Tutup Aplikasi Jika Sudah Selesai

Saat menggunakan smartphone kadang kita lupa menutup aplikasi yang dijalankan. Disini perlu kita ingat bahwa kinerja smartphone itu tak ubahnya dengan kinerja komputer yang bisa berjalan di background. Sehingga ini dapat memperberat performa atau memperlambat loading aplikasi yang lain dan bahkan bisa-bisa menyedot pulsa kita. Jadi, usahakan setiap habis menjalankan suatu aplikasi jangan pernah lupa untuk menutupnya kembali. Dan ini merupakan salah satu cara sederhana dalam mempercepat kinerja smartphone Android kita.

Nonaktifkan Fitur GPS

Fitur GPS (Global Positioning System) memang salah satu fitur canggih yang disematkan pada smartphone Android yang berfungsi untuk menentukan suatu lokasi atau tempat dengan bantuan satelit. Namun perlu diingat bahwa fitur canggih yang satu ini sangat banyak memakan kapasitas baterai apabila diaktifkan.

Install Aplikasi Yang Penting Saja

Walau hingga saat ini, aplikasi di sistem Android masih belum ditemukan ada yang crash, namun demi menjaga performa smartphone kita alangkah baiknya kalau kita mengurangi penginstalan aplikasi yang jarang kita atau gak pernah digunakan sama sekali. Karena aplikasi yang tidak penting tersebut bukan hanya mempersempit ruang penyimpanan (storage) saja, namun juga dapat menghabiskan memori RAM sehingga ini dapat berdampak langsung pada peningkatan kinerja smartphone.

Gunakan Aplikasi Ringan dan Simpel

Perlu diingat bahwa aplikasi pengolah grafis atau aplikasi game-game ekstrim membutuhkan resource yang sangat besar saat memulai menjalankan program. Demikian pula dengan aplikasi berat lainnya yang memakan memori RAM. Contohnya saja: apabila ita mempunyai jadwal penting, alangkah baiknya kalau kita menggunakan fitur alarm daripada menggunakan aplikasi reminder yang canggih dan mutakhir namun fungsinya sama.

Nonaktifkan Animasi

Animasi memang dapat mempercantik penampilan smarthpone kita. Namun jangan lupa pula kalau animasi itu dapat memakan baterai karena dia berjalan di background. Dengan menonaktifkan animasi kita bisa menghemat baterai smartphone kita.

Itu dia beberapa langkah sederhana tips optimalisasi smartphone Android yang dapat meningkatkan kinerja Android kita tanpa perlu mengistal aplikasi-aplikasi yang katanya dapat mempercepat kinerja Android yang justru kenyataanya melah menambah beban RAM android kita.

Sumber: https://www.galerinfo.com/