Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

pendidikan

Upaya Mencegah Terjadinya Kelangkaan Sumber Daya Alam

Upaya Mencegah Terjadinya Kelangkaan Sumber Daya Alam

Upaya Mencegah Terjadinya Kelangkaan Sumber Daya Alam

Upaya Mencegah Terjadinya Kelangkaan Sumber Daya Alam

  • Tidak merusak sumber daya alam yang ada

Dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada, haruslah diimbangi dengan kesadaran akan kelestarian sumber daya yang di manfaatkan. Banyak manusia yang hanya peduli terhadap keuntungan yang didapatnya,namun tidak peduli terhadap apa akibat dari yang mereka lakukan. Misalkan, penebangan  pohon di hutan  yang secara berlebihan tanpa adanya kesadaran  untuk mereboisasi.


  • Memperbaruhi sumber daya alam yang dapat di perbaharui

sumber daya alam yang masih dapat dihasilkan lagi setelah digunakan. Sumber daya alam yang dapat diperpaharui tidak adan pernah habis jika kita bisa mengelola dengan baik.


  • Menghemat penggunaan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui

Ini menandakan bahwa jika kita terus menerus menggunakan SDA secara berlebihan maka SDA tersebut akan cepat habis. Penghematan SDA sangat penting untuk kehidupan mendatang. Jika kita tidak menghemat dan menghabiskannya sekarang, maka anak cucu kita akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kita harus menyadari bahwa kita hidup sekarang ini bukan untuk menggunakan SDA, kita hidup untuk menjaga agar SDA ini tetap dapat digunakan.


  • Menggunakan teknologi yang lebih baik untuk mengolah sumber daya alam yang ada

Kemajuan teknologi sangat membantu manusia mengolah sumber daya alam untuk mendatangkan manfaat yang sebanyak-banyaknya. Sumber daya alam ada yang dapat dimanfaatkan secara langsung, ada pula yang harus diolah lebih dahulu dengan menggunakan teknologi sehingga perlu adanya teknologi yang lebih efektif dan efesien untuk mengolahnya dan tentunya yang ramah lingkungan. Seprti yang di contohkan di atas jepang mampu untuk mencukupi kebutuhan pangan warga jepang buntuk 20 tahun kedepannya, meskipun tidak punya lahan yang luas.


Kelangkaan juga berdampak terhadap perekonomian di antaranya : Tingkat produksi menurun krn inputnya yang terbatas, menurunnya pendapatan masyarakat disebabkan PHK, meningkatnya harga barang karena persediaan barang yang di produksi hanya sedikit/terbatas.


Untuk mencegah terjadinya kelngkaan upaya yang dapat kita lakukan adalah dengan tidak merusak sumber daya alam yang ada, memperbaruhi sumber daya alam yang dapat di perbaharui, menghemat penggunaan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, menggunakan teknologi yang lebih baik untuk mengolah sumber daya alam yang ada.


Kelangkaan adalah kondisi di mana kita tidak mempunyai cukup sumber daya untuk memuaskan semua kebutuhan kita. Dengan singkat kata kelangkaan terjadi karena jumlah kebutuhan lebih banyak dari jumlah barang dan jasa yang tersedia.


Kelangkaan disebabkan karena adanya : Keterbatasan sumber daya alam , perbedaan letak geografis, pertambahan jumlah penduduk, keterbatasan kemampuan produksi, bencana alam.


Sumber: https://hottestgirlsofcheerleading.com/disney-magical-dice-apk/

Categories:
pendidikan
You Might Also Like