Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

pendidikan

Wajib Bawa Sertifikat Tahfiz Quran

Wajib Bawa Sertifikat Tahfiz Quran

Wajib Bawa Sertifikat Tahfiz Quran

Wajib Bawa Sertifikat Tahfiz Quran

Penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2019 tingkat SMPN di Kota Bekasi melalui jalur hafalan Alquran atau Tahfiz Quran, cukup diminati. Dinas Pendidikan setempat mencatat sekitar 20 calon peserta didik baru telah mengikuti uji hafalan Alquran sejak proses verifikasi pendaftaran mulai dibuka Senin (17/6) lalu.

Uji hafalan Alquran oleh tim Kementerian Agama tersebut dilakukan di SDN

V Margahayu. Calon peserta didik diwajibkan membawa sertifikat Tahfiz Quran.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Sri Yulianti mengungkapkan, jalur prestasi pada PPDB Tahun Pelajaran 2019/2020 jenjang SMPN menyediakan kuota 6 persen. Dari kuota tersebut, 2 persennya untuk Tahfiz Quran.

Yuli, begitu akrab disapa, mengapresiasi antusiasme minat siswa dijalur tersebut. “Saya nikmati sekali proses uji Tahfiz Quran ini, ternyata banyak anak-anak kita yang pandai dan hafal dalam membaca Alquran,” ungkap Yuli, Selasa (18/6).

Proses verifikasi pendaftaran PPDB dilakukan sejak 17-29 Juni 2019.

Adapun pendaftarannya bakal dilakukan secara daring (online) mulai 1-3 Juli 2019 mendatang.

Ia menjelaskan, calon peserta didik baru diwajibkan membawa sertifikat penghafal Alquran saat akan mengikuti uji hafalan. “Mereka harus membawa bukti berupa sertifikat hafal Alquran, jika tidak memiliki mereka tidak bisa langsung datang dan mengikuti jalur Tahfiz Quran tersebut,” jelasnya.

Dihadapan penguji, siswa harus mampu menunjukan kemampuannya

menghafal Alquran. Mereka akan mendapatkan poin sesuai jumlah hafalan yang nantinya akan menjadi pertimbangan panitia PPDB.

“Penghafal 1-10 juz 100 poin, 11-20 juz 200 poin, dan 21-30 juz 300 poin,” tuturnya.

Yuli berharap, jalur Tahfiz Quran dapat mengembangakan ilmu siswa dibidang non akademik. Selain itu, juga dapat dilakukan di PPDB tahun selanjutnya.

 

Sumber :

https://ruangseni.com/

 

 

Categories:
pendidikan
You Might Also Like